15 Desember 2015

Pengertian Teater

Suatu kebanggan dan kebahagian tersendiri untuk menjadi bagian dari salah satu komunitas teater dan menjalani latihan demi latihan untuk menampilkan pementasan yang terbaik. Tapi, sebelum jauh mencapai sana, saya ingin membahas apa sih yang sebenarnya dimaksud kan teater  itu ?

Wikipedia Said 

“Teater adalah istilah lain dari drama, tetapi dalam pengertian yang lebih luas, teater adalah proses pemilihan teks atau naskah, penafiran, penggarapan, penyajian atau pementasan dan proses pemahaman atau penikmatan dari public atau audience (bisa pembaca, pendengar, penonton, pengamat, kritikus atau peneliti)”


Tapi apa sih sebenarnya teater itu ?

“Teater adalah karma dari Kehidupan sehari-hari” – Pak Herman, Penerus Bengkel Teater Rendra
Teater adalah apa yang kita tampilkan dikehidupan nyata, tanpa dibuat-buat, tapi dengan caranya sendiri.  Teater bukan tentang berpura-pura menjadi sesuatu tapi memang menjadi sesuatu itu sendiri.

“Teater bukan pembuktian diri tapi tentang menampilkan karya tulus dan menikmati semua proses yang ada” – Kak Morris, Salah satu Coach dari komunitas teater Someday Project
Jadi, yang dimaksudkan disini adalah poin utama dalam berteater bukan melulu tentang hasil tapi lebih menikmati segala proses pembentukan, bagaimana kita menjadi pribadi yang lebih disiplin, yang lebih baik dari sebelumnya.

Ada begitu banyak hal yang bisa bahas di teater. Dimulai dari cara kerja, unsur-unsur didalamanya, sejarahnya yang panjang sampai menikmati proses itu sendiri. Satu demi satu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar